Senin, 08 November 2010

MODEL PERILAKU KONSUMEN

<span class="blsp-spelling-error" id="SPELLING_ERROR_0">PERILAKU</span> <span class="blsp-spelling-error" id="SPELLING_ERROR_1">KONSUMEN</span> DAN <span class="blsp-spelling-error" id="SPELLING_ERROR_2">TINDAKAN</span> <span class="blsp-spelling-error" id="SPELLING_ERROR_3">PEMASARAN</span>

Strategi pemasaran harus berlandaskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen. model prilaku konsumen menunjukkan penekanan pada interaksi antara pemasar dan konsumen.

Komponen sentral dari model adalah pengambilan keputusan konsumen, yaitu pemahaman dan evaluasi informasi merek, bagaimana pertimbangan alternatif merek disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, dan keputusan untuk merek.


TIGA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN:

1. Konsumen Individu

Pilihan merek dipengaruhi oleh demografi konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.

2. Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan yang dimaksud adalah dimana konsumen memilih berdasarkan budaya (norma) maupun kelas sosial

3. Marketing Strategy

Merupakan variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhi konsumen. Berdasarkan harga, periklanan maupun dalam pemasarannya.


Secara umum yang saya ketahui perilaku konsumen pada umumnya adalah :

1. Menyukai barang dengan kualitas yang baik

2. Harga pantas

3. Barang tersebut dapat memenuhi keinginannya dg baik

4. Barang tersebut tidak merepotkan, praktis

5. Barang tersebut mudah didapat

6. Barang tersebut aman dipakai,

7. Barang tersebut bertampilan baik

8. Barang tersebut tidak gampang rusak

Disamping itu, perilaku konsumen yang berbeda untuk kalangan penggila merek, mungkin harga merupakan nomor 2 untuk merek yang memang disukai oleh konsumen tersebut.


referensi :

http://library.usu.ac.id/download/fe/manajemen-hamidah.pdf

http://www.docstoc.com/docs/22821667/TEORI-PERILAKU-KONSUMEN


www.studentsite.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Look StudentSite Gunadarma