Senin, 08 November 2010

RISET PEMASARAN

PERILAKU KONSUMEN DAN TINDAKAN PEMASARAN

Pendahuluan

Riset adalah bagian inheren dari aktivitas pemasaran yang terencana dengan baik. Melalui riset pemasaran, kita mendapatkan data-data yang kita perlukan mengenai segmentasi, profil dan perilaku konsumen, apresiasi terhadap produk kita, dan banyak lagi hal lain yang menarik dan bermanfaat. Oleh karena itu, walaupun tidak semua dari kita pernah terlibat secara langsung dengan riset pemasaran, sedikitnya kita pasti pernah memanfaatkan data yang berasal dari riset pemasaran yang berkorelasi terhadap produk kita.

Riset Pemasaran menurut Malhotra (1996) merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran

Kriteria Riset Pemasaran

a. Relevan

Menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk merespon tantangan atau menyelesaikan masalah pemasaran yang dihadapi perusahaan.

b. Tepat Waktu

Hasil penelitian selesai tepat pada waktunya

c. Efisien

Setiap riset pemasaran harus memberikan nilai tambah lebih besar dari pada biaya yang telah dikeluarkan.

d. Obyektif

Agar hasil penelitian berkualitas baik, sehingga kesalahan interpretasi dapat dihindari.

Klasifikasi Riset Pemasaran :

1. Riset Identifikasi Masalah

2. Riset Pemecahan Masalah

Proses Riset Pemasaran

· Perumusan masalah

Riset hanya dapat dirancang secara sistematis untuk memberikan informasi berharga jika masalah yang dihadapi telah dirumuskan secara jelas dan akurat.

· Penentuan desain riset

Desain riset merupakan kerangka atau cetak biru untuk melaksanakan proyek riset pemasaran, yang menjabarkan prosedur untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam memecahkan masalah riset pemasaran.

Komponen-komponen desain riset :

1. Menentukan desain riset pemasaran (eksploratoris, deskriptif atau kausal).

2. Menentukan informasi yang dibutuhkan.

3. Menetapkan prosedur pengukuran dan skala.

4. Menyusun dan melakukan pre-test terhadap kuesioner atau bentuk pengumpulan data lainnya.

5. Menetapkan proses sampling dan jumlah sample.

6. Menyusun rencana analisis data.

a. Kriteria data yang baik :

1. Obyektif (sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya)

2. Representatif

3. Standard error harus kecil

4. Up to date

5. Relevan

b. Klasifikasi data menurut :

1. Jenisnya : data kualitatif & data kuantitatif

2. Sifatnya : data diskrit & data kontinyu

3. Sumbernya : data internal & data eksternal

4. Cara memperolehnya :

a. Data Primer : dikumpulkan dan diolah sendiri langsung dari obyeknya. Terdiri dari : observasi, eksperimen, & kuesioner.

b. Data Sekunder : diperoleh dalam bentuk sudah jadi (sudah dikumpulkan dan sudah diolah oleh pihak lain), biasanya dalam bentuk publikasi.

5. Menurut waktu pengumpulannya : data cross section & time series

Riset Proses Analisis Peluang Pasar

1. Riset Potensi Pasar

2. Riset Perilaku Konsumen

3. Riset Benchmark Industri

Riset Penentuan Target Pasar

1. Riset Segmentasi

2. Riset Penentuan Target Pasar

Riset Proses Perancangan Strategi

1. Riset Penentuan Keunggulan Perusahaan

2. Riset Perumusan Positioning

3. Riset Pengembangan dan Pengujian Produk

4. Riset Pengukuran Daur Hidup Produk & Pemilihan Strategi yang Tepat

5. Riset Pengukuran Market Share & Pemilihan Strategi yang Tepat

Riset Proses Perencanaan Program Pemasaran

1. Riset Pengujian Brand & Packaging

2. Riset Pengukuran Ekuitas Merek

3. Riset Penentuan Harga

4. Riset Perumusan Strategi Harga

5. Riset Pemilihan & Perancangan Saluran Distribusi

6. Riset Media & Bauran Promosi

7. Riset Pengukuran Effektivitas Bauran Promosi

8. Riset Pengukuran Effektivitas Iklan

Riset Proses “Marketing Efforts”

1. Riset Pengukuran Kepuasan Pelanggan

2. Riset Pengukuran Loyalitas Pelanggan

3. Riset Pengukuran & Analisis Churn

4. Riset Perancangan Customer Relationship Management (CRM)

5. Riset Perancangan Marketing Decision Support System

6. Riset Perancangan Marketing Information System

Referensi :

http://file.upi.edu/Direktori/B%20-%20FPIPS/PRODI.%20MANAJ.%20PEMASARAN%20WISATA/RINI%20ANDARI/Riset%20Pemasaran/Riset%20Pemasaran.pdf

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pemasaran_dan_komunikasi/Bab%209.%20Riset%20Pemasaran.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Look StudentSite Gunadarma