Kamis, 22 September 2011

CONTOH KASUS ETIKA BISNIS YANG TIDAK ETIS

1 Etika Terhadap Saingan
Kadang-kadang ada produsen berbuat kurang etis terhadap saingan dengan menyebarkan rumor, bahwa produk saingan kurang bermutu atau juga terjadi produk saingan dirusak dan dijual kembali ke pasar, sehingga menimbulkan citra negatif dari pihak konsumen.
Pendapat penulis : seharusnya sesama produsen atau lebih sering dikenal dengan pesaing, kita dapat menjalankan usaha secara adil dan sehat, karena persaingan yang sehat tidak akan menimbulkan permasalahan bagi perusahaan sendiri maupun pesaing, hal ini dikarenakan persaingan yang sehat dapat meningkatkan kerja sama dan tidak menimbulkan masalah.

2. Etika Hubungan dengan Karyawan
Di dalam perusahaan atasan tidak perduli dengan bawahan dan merasa bawahan tidak penting.
Pendapat Penulis : Di dalam perusahaan ada aturan-aturan dan batas-batas etika yang mengatur hubungan atasan dan bawahan, Atasan harus ramah dan menghormati hak-hak bawahan, Karyawan diberi kesempatan naik pangkat, dan memperoleh penghargaan.

3. Etika dalam hubungan dengan publik
Perusahaan tidak memikirkan dampak umum yang diakibatkan dari limbah maupun sisa hasil produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.
Pendapat Penulis : Hubungan dengan publik harus dujaga sebaik mungkin, agar selalu terpelihara hubungan harmonis. Hubungan dengan public ini menyangkut pemeliharaan ekologi, lingkungan hidup. Hal ini meliputi konservasi alam, daur ulang dan polusi. Menjaga kelestarian alam, recycling (daur ulang) produk adalah uasha-usaha yang dapat dilakukan perusahaan dalam rangka mencegah polusi, dan menghemat sumber daya alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Look StudentSite Gunadarma