Kamis, 14 April 2011

Menarik Kesimpulan Secara Langsung & Rantai Deduksi

A. MENARIK SIMPULAN SECARA LANGSUNG

  1. Semua S adalah P > Sebagian P adalah S
Contoh :
a. Semua hewan mamalia menyusui
Sebagian hewan yang menyusui adalah mamalia
b. Semua pelawak pintar melucu
Sebagian yang pintar melucu adalah pelawak
c. Semua ibu memberikan asi kepada anaknya
Sebagian yang memberikan asi kepada anaknya adalah ibu

2. Tidak satupun S adalah P >Tidak satupun P adalah S
a. Tidak seekor cicak pun adalah biawak
Tidak seekor biawak pun adalah cicak
b. Tidak satu motor pun adalah mobil
Tidak satu pun mobil adalah motor
c. Tidak satu pun singa adalah anjing
Tidak satu pun anjing adalah singa

3. Semua S adalah P > Tidak satu pun S adalah tak-P
a. Semua laki-laki adalah buaya
Tidak satu pun laki-laki yang tak buaya
b. Semua burung memiliki sayap
Tidak satu pun burung yang tak memiliki sayap
c. Semua wanita memiliki rahim
Tidak satu pun wanita yang tak memiliki rahim

4. Tidak satu pun S adalah P > Semua S adalah tak-P
a. Tidak satu pun bebek adalah bangau
Semua bebek adalah tak bangau
b. Tidak satu pun ikan adalah kodok
Semua ikan adalah bukan kodok
c. Tidak satu pun bencong adalah perempuan
Semua bencong adalah bukan perempuan

5. Semua S adalah P > Tidak satupun S adalah tak-P > Tidak satupun tak-P adalah S
a. Semua lidah adalah indera perasa
Tidak satupun lidah adalah tak indera perasa
Tidak satu pun yang tak indera perasa adalah indera
b. Semua motor adalah bermesin
Tidak satu pun motor adalah tak bermesin
Tidak satu pun yang tak bermesin adalah motor
c. Semua hujan adalah berair
Tidak satu pun hujan adalah tak berair
Tidak satu pun tidak berair adalah hujan

B. RANTAI DEDUKSI

Semua kerupuk emping pahit rasanya (hasil generalisasi)
Kali ini saya diberi kerupuk emping
Sebab itu, kerupuk emping ini pahit rasanya (deduksi)
Saya tidak suka akan kerupuk-kerupuk yang pahit rasanya (induksi : generalisasi)
Ini adalah kerupuk emping pahit
Sebab itu, saya tidak suka kerupuk emping ini
Saya tidak suka makan apa saja yang tidak saya senangi
Saya tidak suka kerupuk ini
Sebab itu, saya tidak memakannya (deduksi)


Semua kopi hitam pahit rasanya (hasil generalisasi)
Kali ini saya diberi kopi hitam
Sebab itu kopi hitam ini pahit rasanya (deduksi)
Saya tidak suka akan kopi-kopi yang pahit rasanya (induksi : generalisasi)
Ini adalah kopi hitam pahit
Sebab itu, saya tidak suka kopi hitam ini
Saya tidak suka makan apa saja yang tidak saya senangi
Saya tidak suka kopi hitam ini
Sebab itu, saya tidak meminumnya (deduksi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Look StudentSite Gunadarma