Senin, 05 Maret 2012

PASAR INDUSTRI DAN KONSUMEN

Karakteristik Pasar Industri

  1. Struktur dan Permintaan Pasar.- Pasar Industri memiliki lebih sedikit pembeli tetapi lebih besar nilainya.- Pelangan pasar industri lebih terkonsentrasi secara geografis.- Permintaan pembeli industri merupakan turunan dari permintaan konsumenakhir.- Permintaan di pasar industri lebih inelastic – kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka pendek.- Permintaan di pasar industri lebih berfluktuatif dan lebih cepat.

  2. Sifat unit pembelian.- Pembelian di pasar industri melibatkan lebih banyak pembeli.- Pembelian dipasar industri melibatkan usaha pembelian yang lebih professional.

  3. Berbagai tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan.- Pembeli di pasar industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yangkompleks.- Proses pembelian industri lebih formal.- Dalam pembelian di pasar industri, penjual dan pembeli bekerja lebih erat danmembangun hubungan jangka panjang


Menurut Rober W. Haas, DBA: Pemasaran industri adalah aktivitas manusia yang ditujukan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan pembeli yang ahli, atau memuaskan kebutuhan dan keinginan pembeli yang lain, yang dapat mempengaruhi pembelian barang-barang yang diperdagangkan, barang kebutuhan lembaga-lembaga dan barang kebutuhan organisasi pemerintah, melalui proses pertukaran .


Perbedaan pemasaran industri dan pemasaran konsumen yakni :


PEMASARAN KONSUMEN Terdiri dari individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi,


SEDANGKAN


PEMASARAN INDUSTRI mengarahkan produknya untuk perusahaan-perusahaan yang menjual produknya kembali kepada orang lain, kepada lembaga-lembaga yang memutuhkannya untuk keperluan proses produksi, atau kepada organisasi pemerintah untuk membantu aktivitas mereka setiap hari. Jadi pemsaran industri tidak menunjukkan produknya kepada konsumen akhir. Perusahaan-perusahaan yang membeli produk industri mengadakan pertukaran secara rasionil. Mereka membeli barang dengan memakai pertimbangan yang rasionil, ekonomis, dan menguntungkan


3 komentar:

Look StudentSite Gunadarma